Wednesday, March 7, 2012

Mendikbud Serahkan 10 Juta Dollar AS ke UNESCO



Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayasan merealisasikan sumbangan 10 juta dollar AS untuk UNESCO. Penyerahan sumbangan disampaikan langsung oleh Mendikbud Mohammad Nuh di sela-sela sidang Executive Board UNESCO di Paris.

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan pemberian sumbangan bersama Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova.

Sukemi, Staf Ahli Komunikasi Mendikbud, Senin (5/2/2012), menjelaskan, sumbangan 10 juta dollar AS tersebut dibagi dalam dua termin penyerahan. Penyerahan pertama sebesar 6 juta dollar AS untuk kepentingan emergency fund yang dimaksudkan untuk menutupi kekurangan dana UNESCO yang cukup besar.

Termin kedua dari komitmen 10 juta dollar AS akan disampaikan tahun 2013 dikhususkan sebagai dana bagi fund-in-trust, di mana pengelolaan dananya dilakukan secara bersama antara Kemendikbud dan UNESCO, termasuk program-program yang akan didanai.

Adapun emergency fund, pengelolaannya diserahkan sepenuhnya pada UNESCO.

Keputusan Kemendikbud ini untuk mendukung keuangan UNESCO. Akibat masuknya Palestina sebagai anggota UNESCO, Amerika Serikat dan Israel menarik sumbangannya ke UNESCO.

Konsekuensinya, UNESCO kekurangan dana 72 juta dollar AS. Untuk menutupi kekurangan dana ini, selain melakukan efisiensi dan prioritasisasi program, UNESCO aktif melakukan penggalangan dana, melalui emergency fund.

Mendikbud dalam sambutannya memberi usulan agar sumbangan itu dimaksudkan untuk membiayai kegiatan-kegiatan tertentu untuk negara-negara di wilayah ASEAN, Afrika, dan Palestina.



0 comments:

  © Mendiknas Template Redesign by Online Lesson 2010

Back to TOP